#KuiSelasa : Gelombang Presiden Baru

Ada dua hal yang membuat saya semangat kemarin.  Presiden Indonesia yang kurus itu, dan novel Gelombang-nya Dee yang tebal itu.

Saya baru baca (novelnya) kira-kira sepertiga dari 474 halaman.  Tapi alur cerita sementara sih menarik, tentang anak marga Batak yang bernama Thomas Alfa Edison yang dipanggil Ichon.. Cuma ada dua bab, sementara bab pertama masih buram hubungannya dengan bab keduanya.

Kemudian, di televisi, (saya nontonnya pake tv tunner, kalian harus tahu itu) lagi ramai pesta rakyat, menyambut beliau yang baru dilantik (pak Jokowi).  Tapi saya baru nonton kala beliau disambut dengan upacara militer.  Kali ini, sungguh saya terharu.  Baru kali ini rasanya nonton upacara sampai terharu.  Pokoknya saya terharu.  (sampai kehabisan kalimat untuk mengungkapkannya).

Pesta sudah usai.  Babak baru negeri ini sudah dimulai, dengan pemimpin baru, yang semoga sesuai dengan harapan sebagian besar warga negara ini.  Walaupun masih ada yang tampaknya kecewa dan tak rela, tapi semoga beliau bisa membuktikan kalau kekecewaan mereka tak beralasan :)

Satu lagi, saya terharunya dobel kali ini.  Saat beliau juga dalam pidatonya menyebut, rekan dan sahabat beliau : Prabowo Subianto, dan yang disebut namanya pun berdiri dan memberi hormat.  Duh keren sekali.  Walaupun hari sebelumnya sudah berjabat tangan juga, dan yang satunya iseng bilang tak akan datang ke pelantikan.  Nyatanya itu iseng dan bikin orang kecele saja.

Baiklah, saya pun tak mau kalah. Mau ikutan berpesta sendiri.  dengan memberikan kuis berhadiah novel di atas.
Pertanyaannya gampang.  Malah terkesan tidak kreatif sama sekali:
Saat ini pembatas buku saya berada di halaman berapa kah ? :D

Yang bisa menjawab tepat atau mendekatinya.  Gelombang akan menimpa alamatmu segera.  Dipersilakan kolom komentarnya diisi.
demikianlah :D

..
ps.
oh iya, bagi yg beruntung menang nanti, mohon maklumnya, buku akan saya kirimkan setelah saya tamat membacanya :mrgeen:

#KuiSelasa : Gelombang Presiden Baru

#BukuGratis : cara menjadi pencuri yang baik

..awalnya penasaran, gara-gara postingan elia tentang bukunya Austin Kleon itu, yang konon katanya Lea buku aslinya mahal.  Untungnya ada mba Rini Nurul Badariah, untungnya ada noura books dan mizan, jadinya ada versi terjemahannya, dan lebih untung ada togamas di Jogja, jadinya ada diskon 15%, sungguh hore sekali :mrgreen:

(intro macam apa pula ini, kebanyakan ngasih link!)

Buku itu, adalah sebenarnya tentang bagaimana mas Austin berpikir dengan kreatif.  Proses mencuri ide dari sana sini untuk menjadikannya terlihat baru.  Isinya apik, layoutnya menarik, gambar-gambarnya asik, walau versi aslinya yang mahal itu katanya lebih bagus, entah dimananya.  Yang penting kan, menurut saya sih isinya, intinya dan …  harganya hihi.

Menurut beliau, tak ada yang ori di dunia ini, semuanya kw.  Ya ya ini penerjemahan bebas saya sih :D.  Kemudian panca indera digunakan sebisanya, iya digunakan, bukan cuma dimiliki lalu dianggurin.  Haduh ini kok ya saya nyindir diri saya sendiri, hih!

Begitulah, buku ini, seperti buku-buku lainnya yang bercerita tentang bagaimana membuat sesuatu yang menyenangkan itu.  Hanyalah semacam pemicu, sebab cara tiap orang untuk membuat sesuatu, sangat-sangatlah berbeda.  Kadang tak perlu mencuri untuk itu.  Tapi diam sejenak dan mendengarkan cerita orang lain tentang bagaimana mereka berbuat, itu seringkali adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan.

.

dan

..ketika nyaris mendekati halaman terakhir, -(buku ini tebalnya 150 halaman memang, tapi layoutnya menarik, tak cuma tulisan berspasi rapat dengan narasi yang tak kalah membuat penasaran, seperti novel terakhirnya Dee berjudul Gelombang yang sejenak saya abaikan.  Tapi bagus untuk tak cuma dibaca sekali juga) -ada saran dari penulisnya, untuk membagikan satu eksemplar buku pada salah seorang teman.  Tampaknya saya akan mematuhinya.

Makanya buku yang baru kelar saya baca ini, saya kasihkan saja sudah.  Tapi lagi malas membuat soal kuis, jadinya nanti mungkin saya acak saja penerimanya, boleh ya?.

Tapi tidak jadi dirandom, biar jadikan kuis saja (labil).  Tebak saja kira-kira di halaman berapa saran menarik dari Austin Kleon untuk membagikan buku ini adanya?

#BukuGratis : cara menjadi pencuri yang baik

#KoeisDjoemat : Menyamar

Rasanya, lama tak bikin kuis-kuisan lagi disini.  jadinya saya niat hari ini mau membuatnya lagi, walau tak pasti apakah akan ada tiap jum’at, atau sebulan sekali, atau kapan, pokoknya semau-maunya saja lah, setuju?

Kuis kali ini terkait dengan peran bang Rhoma di film-filmnya, selain sebagai penyanyi,  beliau juga pernah menjadi pengangguran, perampok , pencopet, guru les piano, supir pribadi, orang asing yang amnesia, sebagai musafir dan sebagainya.

Pertanyaannya adalah, di film apakah bang Rhoma menyamar sebagai penyanyi pendatang baru padahal tidak?

Silakan di jawab di kolom komentar seperti biasanya, hadiahnya juga biasa, sebuah buku yang seperti biasanya judulnya masih saya pikirkan.

Baiklah, selamat djoem’atan
Assalamualaikum
\m/

#KoeisDjoemat : Menyamar

Kuisenin : Kaset Ultah

Hari ini sedikit beda, karena teringat lama tak membuat kuis disini.  Makanya rencananya hari ini dibuat, karena seharusnya saya memberikan hadiah kepada seseorang, tak cuma sekedar ciuman di kening di tengah malam.  Tapi bukankah, kalau memberikan sesuatu kepada orang lain, maka balasan yang bakal didapat bakal berlipat.  Nah kelipatannya itu mudah-mudahan akan mengalir ke honey, aduh aku membocorkan sebuah rahasia.

Baiklah, langsung ke inti persoalan.  Sedari dulu saya tak pernah kreatif memberikan hadiah ulang tahun ke seseorang saya, yang sekarang pun tetap menjadi seseorang saya itu.  Nyaris tiap tahun ngasih hadiah berupa kaset.  Iya kaset.

Dan nyatanya tak cuma kala ulang tahun.  Kapan pun saya punya uang buat beli kaset, baik yang sudah ada lagunya, maupun kaset kosong.  Maka akan saya beli, kalau yang kosong bakal saya isi dengan lagu-lagu yang menurut saya keren, hasil mengkopi kaset pinjeman kawan-kawan saya yang kaya raya karena punya kaset baru dan tip dobel dek yang bisa dipakai untuk ngerekam.

Itu pun harus pakai usaha yang luar biasa keras, kenapa? Karena genre musik kita yang berbeda nyata.  Sementara honey itu alirannya musik barat yang ngepop mengarah ke slowrock, sementara saya sedari dulu tak lepas dari bang Rhoma.  Jadilah saya harus melebarkan kuping lebih lebar dan mempelajari trend musik kala itu dengan referensi yang teramat terbatas, dari kaset orang dan radio :|

Supaya imbang, pernah pula akhirnya saya balas memberikan koleksi kaset bang Rhoma (punya abah) saya kepadanya, demi meluaskan pengetahuannya dan pandangannya bahwa musk itu universal #halagh.  Masalah selanjutnya adalah, ternyata kaset-kaset berisi lagu bang Rhoma itu konon diam-diam beredar ke sepupunya nan jauh disana yang juga fans bang Rhoma garis keras.  Jadilah saya harus mengikhlaskannya.

Alhamdulillah sekarang mp3 sudah gampang di dapat, film bang Rhoma juga bisa didapatkan cd-nya di lapak-lapak di dekat pasar.  Jadilah diam-diam saya suatu saat berniat mengganti koleksi abah yang tak tau nasibnya itu.  Saya belikan satu cd film yang merupakan salah satu favorit beliau.

Nah, pertanyaanya, dapatkan ada yang menebak cd film berjudul apakah yang saya kasihkah ke abah waktu itu ?

hadiahnya ada buku Dilanku cetakan pertama yang langka konon.  Dan satu buku lagi yang saya akan pikirkan kemudian.  Pokoknya keren.

Demikianlah.

 

Kuisenin : Kaset Ultah

ke Singapura, gratis lhoh !

Begini pengumumannya dari simbok venus :

Bulan depan, tepatnya tanggal 9-11 Mei 2014, aku mau ngajakin satu temen blogger untuk jalan-jalan ke Resorts World Sentosa, Singapura. Gratis

Syaratnya gampang. Tulis artikel di blog masing-masing, dengan tema: kalo punya kesempatan berlibur 3 hari di Resorts World Sentosa ngajakin salah satu temen/keluarga/sahabatmu, siapa yang akan kamu ajakin ke sana, kenapa, dan pengen ngapain aja selama di sana.

Kalo udah, mention @venustweets dan @rwsentosaID di Twitter dengan menyertakan URL tulisan, hashtag ‪#‎RWSID‬ ‪#‎Venus‬. Blog post ditunggu sampai tanggal 26 April 2014 pukul 12 malem ya. Jangan lupa follow @rwsentosaID sebagai salah satu syarat ikutan kontes ini.

Nah !  Silakan bagi yang mau ikutan ya, semoga menang, itupun kalau bisa ngalahin tulisan saya kali ini #diplototinparapesertakontes.

Jadi begini saja.  Jika saya dikasih liburan 3 hari di Resort World Sentosa nun jauh di seberang sana, sudah jelas sekali tampaknya, akan mengajak honey, itu panggilan malu-malu saya buat istri.

Kalau pertanyaannya kenapa, ya saya mau pacaran lagi, sesekali jalan cuma beduaan lagi sepertinya tak mengapa, itung-itung menghibur honey yang sedikit sedih tak bisa ikutan wisuda karena suatu hal.  Walau ntar pasti misalnya kesitu juga, tak bakal tenang mikirin tiga pangeran dan satu putri yang nyaris tak pernah kepisah lama-lama *eh ini saya kenapa jadi mendadak sedih sih*  Kalau bisa diralat hadiahnya bisa nggak sih buat enam orang gitu, biar sekalian liburan keluarga hihi

Soal pengen ngapain disana, yaelah, kalo bedua-duaan ama istri mah, pasti nganu, menikmati segala-galanya yang ada ditawarkan disana, walau sekali lagi, pasti tak bakalan khusuk juga, mikirin kerajaan yang anggotanya bakal saling merindukan dan kehilangan

Begitulah tulisan singkat saya demi ikutan kontes nulis yang diadakan atas kerjasama oleh simbok  @venustweets dan @rwsentosaID.

Ujung-ujungnya habis nulis ini, saya malah sedih euy, jadi mikirin kapan kami bisa liburan sekeluarga lagi,  jadi pengen pulang .. #lahmalahcurcol.

ke Singapura, gratis lhoh !

Koeis Djoem'at : Kawan..

Jawaban koeis djoem’at yang lalu sebenarnya intinya sangatlah sederhana, caramossa itu bunganya kecil dan daunnya juga kecil dan batangnya kecil, tapi subhanallah ada aja yang rajin nulisin morfologinya sedemikian detil, walau tak semuanya persis benar (yang jelas daunnya ga ada bulunya bro ! :| ).  Jadi diputuskan saja pemenang koeis itu kemarin adalah tikamustofa yang mana ditunggu alamatnya di rd.syarani@gmail.com.

Koeis djoem’at kali ini mudah sahaja, tiba-tiba saja kemarin saya teringat beberapa orang kawan sepanjang perjalanan hayat yang anehnya begitu sabar, tidak emosian, sekaligus guru saya juga dalam beberapa hal.   Juga teringat kawannya kaka’ Thor, bang Ai, Q, dan honey *lhoh kok jadi banyak*  Beginilah pertanyaannya, silakan ditebak-tebak-tebak.

Siapakah nama…

  1. Kawan honey yang satu ini pernah minta anterin ke Malioboro pas dateng berkunjung ke Jogja
  2. Kawan sebangku bang Ai di kelas 3
  3. Kawan yang sering terlihat serantang seruntung sama Thor sekarang
  4. Kawan saya yang pertama kali ngajarin gitar
  5. Kawan Q yang bapaknya sering barengan dateng pas ngejemput

Jawaban pilihannya cuma ada lima yaitu

a.Fa’i
b. Fi’i
c. Faiz
d. Mamat
e. Marhalim

Hadiahnya cuma ada dua, dua-duanya semacam komik yang keren adanya, yang pertama adalah Yuk Bikin Komik-nya Dwo Koendoro, yang kedua adalah Duo Hippo Dinamisnya Trinity-Eastiany-Sheila Rooswita.

Silakan menebak pertanyaan yang kali ini gampang sekali itu.

Demikianlah, selamat djoem’atan
Assalamualaikum
m/

Koeis Djoem'at : Kawan..

Koeis Djoem'at : Tanaman

Dari sekian ide nama sepeda merah yang diajukan kemarin, saya sebenarnya suka semua idenya, tapi karena harus memilih dua, maka penitia memutuskan untuk memilih nama Sikling yang ajaib dan Fred, simpel dan asik kedengerannya :D

Jadi untuk mbitmbot dan Ijank, ditunggu alamatnya di rd.syarani@gmail.com ya

Untuk koeis djoem’at kali ini, terkait dengan postingan kemarin tentang jalan-jalan di kebun pas siang yang puanas, maka siapa yang bisa mendeskripsikan dengan baik bagaimana bentuk tanaman bernama caramossa, akan mendapatkan satu buku berjudul Inferno.

Mudah sekali euy, silakan ditunggu di kolom komentar seperti biasa.
Selamat djoem’atan.

Assalamualaikum
o/

Koeis Djoem'at : Tanaman

Koeis Djoem'at : Nama

Singkat sahaja, ketiga orang yang ngasih komen di koeis djoem’at kemarin masing-masing akan mendapatkan satu buku. Jadi tunggu saja ya di tempat masing-masing. *hore!*

Koeis djoem’at kali ini singkat sahaja. Terinspirasi atas sepeda kougarnya Shaa yang bernama Gee itu, maka mungkin keren juga layaknya kalo sepeda saya dikasih nama juga *ikut2an*, nah ada ide nama buat rivera terrain merah saya itu?

Ditunggu di kolom komentar ya.
Hadiahnya biasa, masing-masing satu buku yang belum terpikirkan judulnya untuk dua nama yang tampak keren nantinya.
Demikianlah.
Selamat djoem’atan
Assalamualaikum
m/

Posted from WordPress for Windows Phone

Koeis Djoem'at : Nama

Koeis Djoem'at : Sepeda Jadul

Yang menjawab persis benar pada koeis djoem’at kemarin ternyata tidak ada, syukurlah *hloh*.  Tapi panitia memutuskan bahwa yang mendekati benar dinyatakan sebagai pemenang.  Yaitu yang menerka skor akan berhasil seri, itulah Yuznia yang ditunggu alamatnya di rd.syarani@gmail.com untuk pengiriman hadiahnya.

Sedikit cerita, kalau sepagi tadi pas nganter bang Ai ke sekolah, ruas jalan menuju sekolahnya dipenuhi deretan mobil, buset sekali, kayak nggak ada jalan lain saja, sudah enak naik mobil (makanya kadang pengen nyulek mata yang naik mobil tapi masih ngeluh pas di jalan), pinter bener milih jalan yang rada mulus, padahal untuk berpapasan dua mobil saja pas mepet sekali.  Ada mungkin dua ratus meter lebih deretan mobil yang ukurannya juga relatif panjang, motor dan sepeda pun kepaksa ngalah, bahkan nggak ada jalan lewat sisi kiri saking mepetnya *sigh*.  Mana tadi pas perempatan depan Teknik UNY itu sudah ada yang tak sabaran main klakson, serasa nggak di jalanan Jogja jadinya.

Mungkin ada baiknya lain kali kalau jalan itu rusak tak usah diperbaikin lagi saja lah, biar nyari jalan lain saja.  Infrastruktur jalanan yang bagus toh yang make cuma kalangan yang kaya raya saja, seakan-akan mereka saja yang punya hak atas jalan.

Sudahlah demikian saja cerita pagi yang nggak enak itu, mari lanjutkan dengan koeis djoem’at, kali ini terkait dengan sarana transportasi yang beneran murah dan ‘hijau’, tak bikin polusi malah bikin keringet dan napas lega, itulah sepeda.

Berhubung sepeda saya jadul adanya, makanya kali ini saya cuma minta postingan tentang sepeda jadul yang mungkin (pernah) dipunyai pemirsa, berikut fotonya jikalau ada, kasih linknya di kolom komentar ya, atau mau langsung cerita di kolom komentar juga boleh lah, bebas :mrgreen: .  Bagi yang cerita dan fotonya menarik, saya sediakan 3 buku untuk tiga pemenang, masing-masing satu buku saja tentu.

Stok buku hadiah yang tersediakan adalah Ms. Complaint’s Therapy, #Egyptology, dan Hanya Salju & Pisau Batu.

Demikianlah adanya, selamat djoem’atan.
assalamualaikum
m/

Koeis Djoem'at : Sepeda Jadul

Koeis Djoem'at : Skor !

Koeis djoem’at yang lalu, karena hanya ada satu orang yang menjawab kuis yang sepi itu, maka beliaulah yang ditetapkan sebagai pemenang, yaitu mas Bram, ditunggu alamatnya di email saya rd.syarani@gmail.com untuk pengiriman bukunya.

Tapi tetap saja djoem’at ini saya niat bikin kuis, kali ini gampang sekali, cuma nebak skor pertandingan sepakbola AFF u19 antara Indonesia dan Malaysia, yang konon akan tayang tanggal 18 September mendatang.  Oleh karena itu jika berkenan menjawab, haruslah sebelum pertandingan tayang, tentunya.

Ditunggu seperti biasa jawabannya di kolom komentar, satu pemenang yang tepat, atau mendekati benar, akan mendapatkan satu buku (lagi) yang (lagi-lagi) belum saya tentukan judulnya. :D

Demikian saja, selamat djoem’atan.
assalamualaikum
m/

Koeis Djoem'at : Skor !